Halaman

Rabu, 05 September 2012

Insert atau Update ke Database

Penjelasan kali ini kita coba membahas bagaimana cara menambahkan data ataupun mengubah data yang ada pada database. Kita gunakan form yang sama seperti tutorial sebelumnya.



Kemudian kita buat StoreProcedure di MySQL untuk proses Insert dan Update seperti berikut:

Setelah itu pada tombol Simpan, kita masukan kode seperti di bawah ini:

Penjelasannya adalah sebagai berikut:
  1. Karena field kode nama dan field nama adalah field yang harus di entri, maka kita lakukan pengecekan terlebih dahulu, bahwa field tersebut harus ada isinya.
  2. Kita buka koneksi ke database dengan menggunakan OpenConn.
  3. Kemudian kita tentukan apakah saat ini kita akan menggunakan mode insert atau update, penjelasan lebih detail mengenai mode ini akan di bahas di tutorial selanjutnya.
  4. Selanjutnya proses hampir sama dengan fungsi LoadData(). Hanya saja karena ini adalah proses insert data atau update data, kita tidak perlu menyimpan hasil dari query karena sifatnya adalah satu arah, sehingga untuk menjalankan query tersebut kita gunakan perintah MySQLCmd.ExecuteNonQuery().
  5. Yang perlu di perhatikan adalah variabel gTransStat, variabel ini adalah sebagai penentu apakah transaksi yang kita lakukan berhasil dijalankan di server atau gagal. Apabila statusnya True maka data akan di COMMIT bila terjadi error (misal data kembar, koneksi putus, dll) maka data akan di ROLLBACK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar