Halaman

Rabu, 05 September 2012

Login Form And Dynamic Menu From Database

Kali ini kita coba bahas bagaimana cara membuat login form berdasarkan tingkat previlage nya dan program akan membuka menu tertentu saja yg bisa di akses oleh user tersebut.

Pertama tama kita siapkan tabel nya terlebih dahulu:

Penjelasannya adalah sebagai berikut:
  • Tabel sysusergroup berfungsi untuk menampung group group user yang sesuai dengan hak hak otoritasnya. Misal group Supervisor boleh mengakses semua tombol transaksi dan membuka semua menu yang ada. Group Purchasing Manager boleh mengakses semua tombol transaksi dan membuka menu yang berhubungan dengan Procurement saja. Group Sales Staff hanya boleh mengakses tombol Detail, Baru, Print dan menu yang berhubungan dengan Penjualasan saja. Itu adalah beberapa contoh pembagian group user.
  • Tabel sysusers berfungsi untuk menyimpan semua user yang akan menggunakan program ini.
  • Tabel sysmenus berfungsi untuk menyimpan nama menu yang akan di tampilkan di program beserta nama formnya, sehingga apabila user mengklik menu master Nama, maka program akan langsung mengenali kemana dia harus membuka formnya. Perhatikan juga disini ada field Hierarchy. Field ini berfungsi sebagai penentu urutan menu beserta sub sub menu di bawahnya. Contoh penggunanya seperti gambar di bawah ini:
  • Tabel sysgroupmenu berfungsi untuk menyimpan semua menu yang aktif berdasarkan group masing masing user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar