Halaman

Selasa, 04 September 2012

Persiapan Pertama

Pertama-tama beberapa software yang harus di siapkan:
  1. Microsoft Visual Studio 2010.
  2. MySQL Database (dapat di download di MySQL Comunity Server 5.5.27 32bit atau MySQL Comunity Server 5.5.27 64bit ) - Database Server yang free dan banyak di gunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.
  3. MySQL .NET Connector (dapat di download di MySQL .Net Connector 6.5.4) - Connector penghubung antara VB.NET dengan database MySQL
  4. MySQL Workbench (dapat di download di MySQL Workbench 5.2.42) - sebagai interface database admin yang cukup lengkap dan handal
  5. [Optional] Crytal Report for Visual Studio 2010 (dapat di download di SAP Crystal Reports for VS2010) - Reporting tools yang cukup handal dan tentu saja...free.
Download semua software pendukung dan instal menurut urutan masing-masing. Setelah semua terinstall saatnya lanjut ke bagian pertama.

Buka project baru di visual studio 2010. Jangan lupa, pilih VB.net project. beri nama project tersebut sesuai keingan. Agar MySQl dapat di kenali di VS 2010 kita perlu menambah referensi dari MySQL Connector tersebut ke dalam project baru. Caranya: Setelah membuat project baru, pilih menu Project > Properties > di bagian Reference tambahkan referensi baru (default foldernya adalah di program files\mysql\mysql connector net 6.5.4\assemblies\v4.0) > pilih mysql.data.dll.
Setelah itu tinggal di simpan.

Pertama kita harus membuat koneksi antara vb.net dengan mysql.
Ada baiknya Koneksi yang kita buat di simpan dalam modul..agar dapat di pake berulang ulang.
Tambahkan modul baru pada project tersebut. dan lampirkan kode berikut:

Function OpenConn() - berguna untuk membuka koneksi ke database mysql. Koneksi ini support untuk Database Trasaction (apa itu Database Transaction bisa di baca disini).

Function CloseConn() - berfungsi untuk menutup koneksi ke database mysql. Sebelum koneksi di tutup akan di cek integritas data nya terlebih dahulu, jika tidak ada error maka database di tutup dengan status COMMIT, jika ternyata ada error makan akan di tutup dengan status ROLLBACK.
(Penjelasan mengenai commit dan rollback dapat di baca disini).

Perhatikan terdapat variabel gConnString - ini adalah variable global yg memuat connection string antara vb.net dengan mysql, isinya adalah:
gConnString ="server=" & My.Settings.ServerName & ";" & "User Id=root;password=1234;Persist Security Info=false;database=" & LCase((My.Settings.DatabaseName))

Untuk user id dan password diisikan sesuai dengan pada saat kita instal database MySQL pertama kali. Disini username dan password sengaja di hardcoding, supaya database kita tidak di buka sembarangan oleh orang yg tidak berkepentingan.
Sedangkan server name dan database name ada baiknya tidak di hardcode, karena servername dan database name sifatnya umum sehingga kita bisa letakkan variabel tersebut di file application setting (bagi yg sudah paham vb.net, seharusnya tau apa itu config.xml, bagi pemula bisa di baca apa itu application setting disini).

Dimana kita deklarasikan gConnString ini, jawabnya terserah pada Anda, yang pasti sebelum kita membuka koneksi ke MySQL, variabel tersebut harus sudah ada isinya. dan varibel gConnString ini cukup di deklarasikan 1x saja (Kecuali ada kebutuhan lain yang bersifat akses ke database lain).
Menurut saya ada baiknya variabel gConnString ini di letakkan di form awal semacam form login (biasanya form login akan pasti di tampilkan pertama kali jika membuat suatu aplikasi database).

Sekian untuk hari ini, kita lanjutkan besok..

5 komentar:

  1. nice posting,

    sy pernah mencoba membuat report dgn Fields Definition Only, tetapi tidak berhasil, apakah memang tdk support ya mas di VB.NET ? oya
    tutorial crystal report ASP nya ditunggu ya mas

    Terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  2. error bro -->
    Error 1 'gTransStat' is not declared. It may be inaccessible due to its protection level. c:\users\!d3\documents\visual studio 2012\Projects\vbmysql\vbmysql\koneksi.vb 23 16 vbmysql

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahkan ini
      Public gTransStat As Boolean

      Hapus
  3. boz itu gTransStat nya ko ga bertuan ya......tau2 nongol begitu aja.....
    tolong diperbaiki boz soalnya ini bagus banget boz buat belajar..... soalnya saya juga belajar dari sini boz CRUD mysql

    BalasHapus
  4. gan, bisa ngajari program iterasi di vb ga?
    ada case gini, aku punya data isinya 30;11;20;
    nah ak pingin mecah data tersebut ke 3 variable dengan misah tanda “;” gitu gmn ya?
    thanks

    BalasHapus