Halaman

Rabu, 05 September 2012

Menggunakan OpenConn dan CloseConn

Kemarin sudah kita bahas mengenai cara koneksi antara VB.NET ke MySQL dengan membuat fungsi sederhana OpenConn dan CloseConn. Sekarang kita akan membahasa bagaimana cara menggunakan fungsi tersebut.

Perlu di perhatikan, di pembahasan tutorial ini semua transaksi query CRUD (Create, Read, Update dan Delete) semuanya menggunakan Store Procedure. Baik query yang rumit maupun query yang simple, semua menggunakan Store Procedute. Pertimbanganya adalah dengan menggunakan Store Procedure, semua query di lakukan pada sisi server, sehingga menggurangi kinerja jaringan.

Sebelumnya kita coba buat contoh tabel MasterName di MySQL. Kita buat dengan menggunakan struktur seperti ini:

Kemudian kita buat Store Procedure untuk men-Select data yang ada pada tabel Mastername, kita buat dengan menggunakan parameter, yang berfungsi sebagai option terhadap hasil query ini :

Kemudian di Visual Studio kita coba buat form dengan tampilan sebagai berikut:



Setelah semua sudah kita buat, sekarang kita buat fungsi LoadData(), dan letakkan fungsi ini pada event onLoad:

Penjelasan untuk Fungsi LoadData adalah sebagai berikut:
  1. Kita Buka koneksi dulu ke database MySQL dengan menggunakan perintah OpenConn.
  2. Set MySQLCmd menggunakan mode Transaction
  3. Set juga jenis dari MySQLCmd menggunakan tipe StoreProcedure (tipe pada MySQLCmd ini bisa berupa Text, StoreProcedure, dan TabelDirect).
  4. Kemudian kita isikan nama StoreProcedure yang terlah kita buat di databasae MySQL dalam contoh ini adalah Name_Browse, dan isikan masing masing parameter nya.
  5. Setelah itu ada variabel MySQLDr - DataReader, variabel ini berfungsi sebagai penampung hasil dari eksekusi query yang kita jalankan.
  6. Untuk memanggil isi dari masing masing field, kita gunakan perintah MySQLDr.Read()
  7. Kemudian kita isikan field field yang ada di form dengan hasil dari MySQLDr tersebut.
  8. Setelah semua sudah kita isikan ke masing masing field, biasakan kita untuk selalu menutup variabel yang sudah tidak kita pake agar memory lebih bersih dengan perintah MySQLDr.Close() dan MySQLCmd.Dispose().
  9. Setelah itu kita Tutup koneksi ke database MySQl dengan menggunakan perintah CloseConn.

1 komentar: